Hudaini hasbi mengucapkan : "Selamat Datang" !


website perkuliahan Hudaini Hasbi yang menyajikan materi kuliah online untuk para mahasiswa Faperta UMJ,mudah-mudahan bisa membantu kurang bahan literatur yang ada dan bermanfaat bagi semua.

Wawlaahualam bissawab..!

Minggu, 03 Juli 2011

NILAI UJIAN SEMESTER MAHASISWA REGULER SORE ONLINE

DAFTAR NILAI MAHASISWA EKSTENSI YANG MENGIKUTI
MATAKULIAH SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN

DOSEN PEMBINA : IR. HUDAINI HASBI,MSC.AGR.

NO
NAMA MAHASISWA
NILAI AKHIR
NILAI MUTU
1.
Fauzi Yanwar
75
B
2.
Gozali
75
B
3.
Yuswo Wiguno
75
B
4.
Imam
75
B
5.
Alan
75
B
6.
Dedy
83
A
7.
Yulia
75
B
8.
Amir
50
D
9.
Hadi Susatyo
72
B
10.
Ahmad
75
B
11.
Yogi
90
A

NB:
ü      BAGI YANG TIDAK ADA NAMANYA DI TABEL ATAS BERARTI TIDAK SAH MENGIKUTI MATA KULIAH SAYA DAN DIANGGAP TIDAK LULUS
ü      KALAU ADA YANG KURANG JELAS DAN KURANG PUAS SILAHKAN MENGHUBUNGI DOSEN YBS
ü      BAGI YANG TELAH LULUS SAYA UCAPKAN SELAMAT ATAS PERJUANGANNYA



DOSEN PEMBINA


  TTD


IR. HUDAINI HASBI,MSC.AGR.

13 komentar:

  1. selamat bagi mahasiswa yang lulus..
    Bagi yang belum lulus atau nilainya jelek,masih bisa mengulang tahun depan. Trims

    Dosen Pembina

    BalasHapus
  2. Terima kasih pak...
    seperti pesan bahasa jerman pak hudai...
    akhirnya sukses juga, he he
    (sy translate d google...)

    BalasHapus
  3. NAMA : HENGKI SETIAWAN
    NIM : 0910311004

    HUKUM YANG BERKAITAN DENGAN EKOLOGI
    1. Hukum inoptimum tersebut. Spesies tidak ada pertemuan di setiap habitat mengingat kondisi optimum untuk semua hukum tersebut inoptimum nya. Spesies tidak ada pertemuan di setiap habitat kondisi optimal mengingat untuk semua fungsinya.

    2. Hukum aphasy. Evolusi organik lebih lambat dari perubahan lingkungan pada rata-rata, dan karenanya aphasy hukum evolusi organik. Lebih lambat dari perubahan lingkungan pada rata-rata, karenanya murah migrasi terjadi. Migrasi terjadi.

    3. Hukum toleransi. Spesies adalah terbatas, ekologis dan geografis, oleh hukum toleransi ekstrem. Spesies adalah terbatas, ekologis murah geografis, oleh ekstrem lingkungan kemalangan yang dapat bertahan. Lingkungan kemalangan yang dapat bertahan.

    4. Hukum valence. Dalam setiap bagian dari wilayahnya, spesies tertentu menunjukkan amplitudo yang lebih besar atau lebih kecil di mulai hukum valence. Di setiap bagian dari wilayahnya, spesies tertentu menunjukkan amplitudo yang lebih kecil lebih gede atau di mulai melalui berbagai habitat (atau masyarakat), ini adalah dikondisikan oleh persyaratan dan toleransi yang melalui berbagai habitat (atau masyarakat), ini adalah dikondisikan oleh persyaratan toleransi yang murah puas atau hampir diatasi. Puas atau hampir diatasi.

    5. Hukum persaingan-kerjasama. Organisme dari satu atau lebih spesies menempati situs yang sama atas hukum persaingan-kerjasama. Organisme dari satu atau lebih spesies menempati situs yang lebih dari satu sama diberikan periode menggunakan waktu (dan sering menggunakan kembali) sumber daya yang sama melalui proses berbagi yang diberikan berbagai periode menggunakan waktu (murah sering menggunakan kembali) sumber daya yang sama melalui proses berbagi berbagai yang memungkinkan porsi lebih besar untuk yang paling efisien. Lebih memungkinkan porsi gede untuk yang paling efisien.

    BalasHapus
  4. 6. Hukum continuum tersebut. Keseluruhan relung ekologi, di unit regional, memungkinkan pergeseran bertahap dalam hukum kontinum tersebut. Keseluruhan relung ekologi, di unit regional, memungkinkan pergeseran bertahap dalam, kualitatif dan kuantitatif komposisi dan struktur komunitas. Kualitatif kuantitatif komposisi murah murah struktur komunitas.

    7. Hukum cornering. Gradien lingkungan di mana spesies dan komunitas ditahbiskan baik cornering hukum. Para gradien lingkungan di mana spesies murah komunitas ditahbiskan baik lebih curam atau memperlancar pada berbagai waktu dan tempat, sehingga mengurangi atau penyiaran benar-benar sangat bagian lebih curam atau memperlancar pada berbagai tempat waktu murah, sehingga mengurangi atau benar-benar penyiaran bahwa sangat bagian dari spektrum ekologis yang menawarkan kesempatan terbaik untuk organisme valensi yang memadai. Spektrum ekologis yang menawarkan kesempatan terbaik untuk organisme valensi yang memadai.

    8. Hukum ketekunan. Banyak spesies, terutama yang dominan dari masyarakat, mampu bertahan dan ketekunan hukum banyak, spesies, terutama dominan dari masyarakat, mampu bertahan murah. Mempertahankan posisi spasial mereka setelah habitat mereka dan bahkan iklim itu sendiri telah berhenti mendukung penuh vitalitas. Posisi spasial mempertahankan habitat mereka setelah mereka murah bahkan iklim itu sendiri telah berhenti mendukung penuh vitalitas.


    9. Peluang hukum evolusi. Keberhasilan ekologis sekarang spesies ini diperparah dari perusahaan peluang hukum evolusi. Keberhasilan ekologis spesies sekarang adalah gabungan dari yang geografis dan ekologi luas, struktur penduduk, dan sifat masyarakat yang menyembunyikan. Luas geografis murah ekologi, struktur penduduk, murah sifat masyarakat yang menyembunyikan.

    10. Hukum ecesis. Sumber daya dari lingkungan yang tak berpenghuni pertama akan dimanfaatkan oleh organisme dengan ecesis hukum. Sumber daya dari lingkungan kosong pertama akan dimanfaatkan oleh organisme dengan toleransi yang tinggi dan umumnya dengan persyaratan yang rendah. Toleransi tinggi yang murah umumnya dengan persyaratan yang rendah.

    BalasHapus
  5. 11. Hukum suksesi. Situs yang sama tidak akan selamanya dipegang oleh komunitas tanaman yang sama, karena hukum suksesi. Situs yang tidak akan sama selamanya dipegang oleh komunitas tanaman yang sama, karena agen fisiografi dan tanaman sendiri menyebabkan perubahan dalam seluruh lingkungan, dan ini agen fisiografi murah menyebabkan perubahan tanaman sendiri seluruh dalam, lingkungan, murah ini
    memungkinkan tanaman lainnya sampai sekarang tidak mampu untuk menyerang, tapi sekarang lebih efisien, untuk menggantikan penghuni ini. Tanaman lainnya memungkinkan sampai sekarang tidak mampu untuk menyerang, trus sekarang lebih efisien, untuk menggantikan penghuni nya.

    12. Hukum climax daerah. Proses suksesi melalui pergeseran kontrol tetapi tidak climax hukum daerah. Proses suksesi melalui pergeseran kontrol tetapi tidak
    terbatas, karena mereka cenderung keseimbangan yang memungkinkan tidak ada relay lebih lanjut; dengan klimaks-topografi-edafis-terbatas, karena mereka cenderung memungkinkan keseimbangan yang tidak ada relay lebih lanjut; dengan klimaks-topografi-edafis-keseimbangan kekuatan biologis hasil dalam pola utama yang bergeser dari wilayah ke wilayah. Kekuatan keseimbangan biologis hasil dalam, pola utama yang bergeser dari wilayah ke wilayah.

    13. Hukum pengendalian faktorial. Meskipun makhluk hidup bereaksi holocenotically (untuk semua faktor lingkungan hidup di hukum pengendalian faktorial meskipun makhluk. Hidup bereaksi holocenotically (untuk semua faktor lingkungan hidup di
    aneh bersama mereka), ada sering terjadi faktor siscrepant yang telah mengendalikan kekuasaan melalui nya aneh bersama mereka), ada faktor sering terjadi siscrepant yang telah mengendalikan kekuasaan melalui nya kelebihan atau kekurangan. Kekurangan atau kelebihan.

    14. Hukum segregasi asosiasi. Asosiasi komposisi berkurang dan struktur disederhanakan memiliki segregasi hukum asosiasi. Asosiasi murah struktur komposisi berkurang telah disederhanakan muncul selama perubahan iklim dan fisiografi atau migrasi melalui penghapusan beberapa spesies dan perubahan iklim selama muncul murah fisiografi atau migrasi melalui penghapusan beberapa spesies murah hilangnya status ekologis lain. Status hilangnya ekologis lain.

    15. Hukum distribusi geoecological. Distribusi khusus topografis (microdistribution) dari hukum distribusi geoecological. Distribusi topografi tertentu (microdistribution) dari sebuah spesies tanaman ecotypic atau suatu komunitas tumbuhan adalah fungsi paralel distribusi umum geografis spesies tanaman ecotypic atau suatu komunitas tumbuhan adalah paralel fungsi distribusi geografisnya umum (macrodistribution), karena keduanya ditentukan oleh amplitudo ekologis yang sama dan akhirnya oleh seragam (macrodistribution), karena keduanya ditentukan oleh amplitudo ekologis yang sama murah akhirnya oleh seragam persyaratan fisiologis. Persyaratan fisiologis.

    BalasHapus
  6. 16. Hukum stres iklim. Hal ini pada tingkat pertukaran antara organisme dan lingkungan hukum stres iklim. Hal ini pada tingkat pertukaran antara organisme murah lingkungan (microbiosphere) bahwa stres yang dirasakan yang pada akhirnya tidak dapat diatasi dan yang akan mendirikan (microbiosphere) bahwa stres yang dirasakan pada yang akhirnya tidak dapat diatasi murah yang akan membentuk
    batas geografis. Batas geografis.

    17. Hukum spektrum biologi. Hidup bentuk distribusi merupakan karakteristik dari flora daerah yang dapat hukum spektrum biologi. Hidup-bentuk distribusi merupakan karakteristik dari daerah yang flora yang dapat berkorelasi dengan kondisi iklim masa kini serta masa lalu. Berkorelasi dengan kondisi iklim masa kini masa serta hari lalu.

    18. Rezim hukum vegetasi. Dalam iklim yang sama, di berbagai belahan dunia, seorang struktural-rezim serupa hukum vegetasi. Di bawah iklim yang sama, di belahan berbagai dunia, yang mirip struktural- berhubung dengan ilmu firasat-fungsional tanggapan dapat diinduksi pada vegetasi, terlepas dari kedekatan floristic dan / atau berhubung dgn ilmu firasat-fungsional tanggapan dapat diinduksi pada vegetasi, terlepas dari kedekatan floristic murah / atau sejarah koneksi. Sejarah koneksi.

    19. Kesetaraan hukum zonal. Mana gradien iklim pada dasarnya serupa, dan kesetaraan hukum latitudinal zonal mana gradien iklim pada dasarnya sama,. Yang lintang murah
    zonasi altitudinal dan pergeseran cliseral dari formasi tanaman juga cenderung; tempat sejarah floristic dasarnya zonasi altitudinal murah pergeseran cliseral dari formasi tanaman juga cenderung; tempat sejarah floristic dasarnya identik, komunitas tanaman juga akan serupa. Identik, komunitas tanaman juga akan serupa.

    20. Hukum ireversibilitas. Beberapa sumber daya (mineral, tanaman, atau hewan) tidak memperbaharui diri, karena ireversibilitas hukum. Beberapa sumber daya (mineral, tanaman, atau hewan) tidak memperbaharui diri, karena
    mereka adalah hasil dari proses (fisik atau biologis) yang telah berhenti berfungsi di habitat tertentu atau mereka adalah hasil dari proses (fisik atau biologis) yang telah berhenti berfungsi di habitat tertentu atau lanskap pada saat ini. Pada saat lanskap ini.

    BalasHapus
  7. 21. Hukum integritas tertentu. Karena taksa yang lebih rendah (spesies dan unit bawahan) tidak dapat polyphyletic, hukum integritas tertentu. Karena taksa yang lebih rendah (murah spesies satuan bawahan) tidak dapat polyphyletic, kehadiran mereka di wilayah yang terpisah dapat dijelaskan hanya oleh mantan kontinuitas atau dengan migrasi. Kehadiran mereka di wilayah yang terpisah dapat dijelaskan oleh mantan hanya kontinuitas atau dengan migrasi.

    22. Hukum tren filogenetik. Para geografis posisi relatif, dalam spesies (tetapi lebih sering genera hukum tren phylogenetic posisi geografis relatif, dalam, spesies. (tetapi lebih sering genera dan keluarga), fitur primitif dan modern filogenetik merupakan indikator yang baik dari tren migrasi. Murah keluarga), fitur yang modern filogenetik murah primitif merupakan indikator yang baik dari tren migrasi.
    23. Hukum migrasi. Migrasi geografis ditentukan oleh tekanan penduduk dan / atau lingkungan hukum migrasi. Migrasi geografis ditentukan oleh tekanan penduduk murah / atau lingkungan perubahan. Perubahan.

    24. Hukum evolusi diferensial. Hambatan geografis dan ekologis mendukung evolusi independen, tetapi hukum evolusi diferensial. Geografis murah hambatan ekologi independen mendukung evolusi, tetapi perbedaan pasangan vicariant tidak selalu proporsional dengan gravitasi penghalang atau durasi perbedaan pasangan vicariant tidak selalu proporsional dengan gravitasi penghalang atau durasi isolasi.

    25. Hukum ketersediaan. Distribusi geografis tanaman dan hewan terbatas dalam contoh pertama oleh hukum ketersediaan. Distribusi geografis tanaman murah terbatas dalam, contoh hewan pertama oleh mereka tempat dan waktu asal. Waktu mereka tempat asal murah.

    26. Hukum alternasi geologi. Sejak periode revolusioner pendek memiliki kekuatan selektif yang kuat pada pergantian hukum geologi. Sejak periode revolusioner pendek memiliki kekuatan yang kuat pada selektif biota, bentuk kehidupan yang sangat berbeda lebih mungkin untuk mengembangkan selama waktu daripada selama biota tenang, bentuk kehidupan yang lebih ujug sangat berbeda untuk mengembangkan saat-saat tenang daripada selama periode yang normal. Yang periode normal.

    27. Hukum domestikasi. Tumbuhan dan hewan yang seleksi telah lebih atau kurang didominasi oleh pria hukum domestikasi tumbuhan murah. Hewan yang telah seleksi lebih atau kurang didominasi oleh manusia jarang dapat bertahan hidup tanpa perlindungan terus-menerus. Jarang dapat bertahan hidup tanpa perlindungan terus-menerus.
    Disusun sebagai lampiran sebuah artikel, "dampak ekologi dan ekologi manusia," oleh pierre dansereau dalam lampiran disusun sebagai sebuah artikel, "dampak ekologi ekologi manusia murah," oleh pierre dansereau dalam, buku masa depan lingkungan amerika utara oleh, diedit oleh f. Fraser darling dan john p. Milton; para masa depan buku alam lingkungan amerika memberi utara oleh, diedit oleh f. Fraser sayang murah john p. Milton; para alam sejarah tekan, divisi dari doubleday & company: new york, 1966, 1970. Sejarah tekan, divisi dari doubleday & company: new york, 1966, 1970.

    BalasHapus
  8. Ike Silfia Yustifa
    1010311030
     Pertanian termasuk SDA biotik atau abiotik?
    Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera, berdasarkan jenisnya SDA dibedakan menjadi 2 macam yaitu biotik dan abiotik. SDA biotik adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup contohnya : tumbuhan, hewan, mikro organisme, dan lain-lain. Sedangkan sumber daya alam abiotik
    adalah sumber daya alam yang berasal dari benda mati contohnya : bahan tambang, air, udara, batuan, dan lain-lain.
    Pertanian termasuk SDA biotik dan juga abiotik, karena tanaman maupun hewan yang dibudidayakan merupakan SDA biotik sedangkan faktor-faktor pendukung seperti tempat tumbuh tanaman (tanah), air, udara, dan cahaya merupakan SDA abiotik.

    BalasHapus
  9.  Apa penyebab dan akibat pencemaran air dan tanah?
    PENCEMARAN AIR
     Pencemaran air adalah masuknya atau di masukannya makhluk hidup, zat, energi dan komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkanya.
     Penyebab pencemaran air
    1. buangan (effluent) yang berasal dari limbah pabrik atau suatu kegiatan, limbah domestik berupa buangan tinja, buangan air bekas cucian, serta sampah. Pencemaran terjadi karena buangan ini langsung di buang ke dalam badan air, sungai , kanal, parit atau selokan.
    2. kontaminan yang masuk melalui air tanah akibat adanya pencemaran pada air permukaan baik dari limbah industri maupun dari limbah domestik

     Dampak pencemaran air
    1. Air yang terkontaminasi dapat menjadi media penyebar penyakit.
    2. Kebutuhan air bersih tak tercukupi sebab air tidak dapat dimanfaatkan sesuai peruntukkannya, dan jika dimanfaatkan maka diperlukan pengolahan khusus yang menyebabkan peningkatan biaya
    3. Adanya air limbah yang masuk ke dalam saluran drainase atau sungai akan menggangggu biota air yang hidup di sungai tersebut karena kadar oksigen di dalam air turun sehingga biota air akan kekurangan oksigen.
    PENCEMARAN TANAH
     Pencemaran tanah adalah suatu keadaan bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami
     Penyebab pencemaran tanah
    1. kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri
    2. penggunaan zat kimia berlebihan ex: pestisida, herbisida
    3. limbah dari penimbunan sampah yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping).
     Dampak pencemaran tanah
    1. Zat beracun di tanah dapat berdampak langsung pada kesehatan manusia, ex: Timbal sangat berbahaya pada anak-anak, karena dapat menyebabkan kerusakan otak, serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi. berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi.
    2. Memberikan dampak negatif terhadap ekosistem sebab adanya bahan kimia beracun/berbahaya dapat menyebabkan perubahan metabolisme dari mikroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut. Akibatnya bahkan dapat memusnahkan beberapa spesies primer dari rantai makanan, yang dapat memberi akibat yang besar terhadap predator atau tingkatan lain dari rantai makanan tersebut.
    3. Dampak pada pertanian terutama perubahan metabolisme tanaman yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan hasil pertanian. Hal ini dapat menyebabkan dampak lanjutan pada konservasi tanaman yaitu tanaman tidak mampu menahan lapisan tanah dari erosi.

    BalasHapus
  10.  Cari 5 hukum yang berkaitan dengan ekologi
     Rantai makanan
    Dalam suatu ekosistem selalu terjadi proses makan dan dimakan yang polanya membentuk suatu mata rantai. Dalam rantai makanan tersebut apabila suatu kelompok baik pemangsa maupun yang akan dimangsa mengalami gangguan (misalnya penurunan drastis dari jumlah yang tersedia) maka rantai tersebut akan mengalami gangguan secara keseluruhan.
     Hukum Homeostatik menyebutkan bahwa jumlah spesies seimbang dengan daya dukung lingkungan
     Hukum Toleransi Shellford yang menyebutkan bahwa Organisme dpt menyesuaikan diri dgn perubahan yg terjadi dlm kondisi lingkungan selama perubahan tidak melebihi batas toleransinya.
     Hukum stres iklim
    Stres iklim terjadi pada tingkat pertukaran antara organisme dan lingkungan (microbiosphere) tetapi jika stres yang dirasakan akhirnya tidak dapat diatasi maka akan membentuk batas geografis.
     Hukum ireversibilitas.
    Beberapa sumber daya (mineral, tanaman, atau hewan) tidak memperbaharui diri, karena ireversibilitas hukum. Beberapa sumber daya (mineral, tanaman, atau hewan) tidak memperbaharui diri, karena
    mereka adalah hasil dari proses (fisik atau biologis) yang telah berhenti berfungsi di habitat tertentu

    BalasHapus
  11. Nama: Ach.Muzakky
    Nim: 0910311006
     Pertanian termasuk SDA biotik atau abiotik?
    Pertanian termasuk keduanya yaitu biotik dan abiotik. Termasuk biotik karena tanaman maupun hewan yang di budidayakan termasuk dalam kategori mahluk hidup, dapat berkembangbiak sehingga dapat diperbaharui. Selain itu termasuk abiotik karena faktor-faktor yang digunakan untuk tumbuh / untuk hidup / budidaya merupakan sumberdaya yang berasal dari benda mati, misalnya: air, tanah, udara, cahaya dsb.

    BalasHapus
  12.  Apa penyebab dan akibat pencemaran air dan tanah?
    Penyebab pencemaran pada tanah:
    • kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri
    • Sampah non organik yang tidak ditangani dengan tepat / limbah yang langsung dibuang ke tanah
    • Pemakaian zat kimia berlebih
    • Metode pertanian tradisional tebas bakar
    Akibat pencemaran tanah:
    • Zat kimia beracun yang telah mencemari permukaan tanah dapat menguap, tersapu air hujan dan masuk ke dalam tanah, kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat tersebut dapat mempengaruhi kesehatan manusia apabila terjadi kontak langsung, contohnya: berbagai pelarut yang mengandung klorin dapat merangsang perubahan pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat. Selain itu organisme tanah yang menguntungkan dapat ikut mati akibat zat kimia beracun tersebut.
    • Sampah non organik sulit diuraikan oleh mikroorganisme tanah
    • Tanah menjadi kurang subur

    Penyebab pencemaran air:
    • Pembuangan limbah pabrik
    • Pembuangan limbah non organik ke saluran air
    • Zat kimia dari lahan ikut hanyut ke saluran air
    Akibat pencemaran air:
    • Mengganggu bahkan mematikan ekosistem organisme air
    • Bahan non organik sulit terurai oleh mikroorganisme air
    • Zat kimia juga dapat merusak ekosistem organisme air

    BalasHapus
  13.  Cari 5 hukum yang berkaitan dengan ekologi
    1. Hukum spektrum biologi.
    Hidup-bentuk distribusi merupakan karakteristik dari daerah yang flora yang dapat berkorelasi dengan kondisi iklim masa kini serta masa lalu.
    2. Hukum ireversibilitas.
    Beberapa sumber daya (mineral, tanaman, atau hewan) tidak memperbaharui diri, karena ireversibilitas hukum. Beberapa sumber daya (mineral, tanaman, atau hewan) tidak memperbaharui diri, karena
    mereka adalah hasil dari proses (fisik atau biologis) yang telah berhenti berfungsi di habitat tertentu
    3. Hukum ecesis.
    Sumber daya dari lingkungan kosong pertama akan dimanfaatkan oleh organisme dengan toleransi yang tinggi dan umumnya dengan persyaratan yang rendah.
    4. Hukum Homeostatik yang menyebutkan Jumlah spesies seimbang dengan daya dukung lingkungan
    5. Hukum distribusi geoecological.
    Distribusi topografi tertentu (microdistribution) dari sebuah spesies tanaman ecotypic atau suatu komunitas tumbuhan adalah fungsi paralel distribusi umum geografisnya. karena keduanya ditentukan oleh amplitudo ekologis yang sama persyaratan fisiologisnya.

    BalasHapus